Wednesday, July 2, 2008

Tips dalam Mengisi Bensin

1. *ISI BENSIN **_HANYA_** DI PAGI HARI*, saat suhu permukaan
tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di
ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka
bensin akan semakin padat, sedangkan saat suhu menghangat,
bensin akan _memuai _(!)
Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah
masih panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca
oleh meteran akan menjadi lebih besar dari _VOLUME sebenernya.

Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

2. *SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi
FAST MODE
*ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias
self-service. Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang
ngisinya supaya setting ke slow mode (bisa nggak ya?).

The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode,
kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah
meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.

Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2:
jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST
mode, maka sebagian
dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor
uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya
bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang
tertera di meteran. Trus kalo di SLOW mode nggak sempet
berubah menjadi uap? mungkin gitu. Atau paling nggak lebih
lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.

3. *ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)*
Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin,
semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin)
menguap jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki
penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya
(internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah
antara bensin dan udara di dalam tangki. Trus hubungannya
sama hemat bensin apa ya?
mungkin gini: kalo di Pom bensin, mereka punya internal
floating roof, jadi mereka nggak akan mengalami
pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

4. *SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI)
jangan mengisi bensin*. Kemungkinan besar isi bensin di
ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga
kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.

Link

No comments: